RoemahAura: Menumbuhkan Budaya Literasi Melalui Peran Keluarga Dan Masyarakat

APA ITU LITERASI?

Budaya sangat berperan dalam kehidupan manusia. Tak terkecuali budaya literasi. Jika dulu literasi hanya diartikan sebagai kemampuan individu dalam hal melek aksara/huruf yang meliputi membaca dan menulis. Namun saat ini definisi literasi mengalami revolusi sesuai zamannya. 

Literasi di era digital ini dapat diartikan sebagai suatu kemampuan individu untuk mengolah dan memahami informasi dari apa yang mereka baca, lihat dan tulis dengan potensi dan keterampilan berpikir yang mereka punya, sehingga mereka bisa memecahkan masalah yang akan meraka hadapi sehari-hari. Yang pada akhirnya diharapkan, individu tersebut akan mampu juga menciptakan karya yang bisa memberi manfaat bagi orang lain dan mewujudkannya sebagai budaya literasi.MACAM-MACAM LITERASI
Menurut >> gln.kemdikbud.go.id <<, setidaknya ada enam macam literasi dasar yang perlu kita kuasai. Apa saja itu?
Pertama,  Literasi baca tulis > Membaca dan menulis merupakan literasi yang dikenal paling awal dalam sejarah peradaban manusia. Kemampuan membaca yang baik tidak sekedar bisa lancar membaca, tetapi juga bisa memahami isi teks yang dibaca.
Kedua, literasi numerasi > Pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan berbagai macam angka dan simbol serta informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagas, dsb) lalu menggunakan interpretasi hasil analisis tersebut untuk pengambilan keputusan yang berkaitan dengan masalah yang dihadapinya.

ketiga, literasi sains Pengetahuan dan kecakapan ilmiah untuk mampu mengidentifikasi pertanyaan, memperoleh pengetahuan baru, menjelaskan fenomena ilmiah, serta mengambil simpulan berdasar fakta, memahami karakteristik sains, kesadaran bagaimana sains dan teknologi membentuk lingkungan alam, intelektual, dan budaya, serta kemauan untuk terlibat dan peduli terhadap isu-isu yang terkait sains (OECD, 2016).

Keempat, literasi Finansial > Pengetahuan dan kecakapan untuk mengaplikasikan pemahaman tentang konsep dan risiko, keterampilan agar dapat membuat keputusan yang efektif dalam konteks finansial untuk meningkatkan kesejahteraan finansial, baik individu maupun sosial, dan dapat berpartisipasi dalam lingkungan masyarakat.

Kelima, literasi digital > Kecakapan menggunakan media digital dengan beretika dan bertanggungjawab untuk memperoleh informasi dan komunikasi.

Keenam, literasi budaya & kewarganegaraan > Kemampuan individu dan masyarakat dalam bersikap terhadap lingkungan sosialnya sebagai bagian dari suatu budaya dan bangsa.
Klik Di SINI Untuk Selanjutnya
RoemahAura: Menumbuhkan Budaya Literasi Melalui Peran Keluarga Dan Masyarakat RoemahAura: Menumbuhkan Budaya Literasi Melalui Peran Keluarga Dan Masyarakat Reviewed by Blogger Sumut on 7:07 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.