Tips Selalu Kenyang Saat Diet

Tips Selalu Kenyang Saat Diet

Melakukan program menurunkan berat badan merupakan rencana bagi kebanyakan orang saat ini, namun untuk melakukannya bukan perkara yang gampang karena banyak orang yang gagal diet akibat tidak tahan dengan program diet yang dilakukannya. Biasanya sih karena pola makan dietnya terlalu ketat, tidak bervariasi, membosankan, terlalu banyak aturan, dan lain-lain. Oh ya, jangan lupa bahwa rahasia berhasil diet adalah dengan defisit kalori ya, yang artinya kita makan lebih sedikit daripada energi yang keluar. Jadi memang peranan makanan disini sangat penting untuk bisa langsing. Bagi kebanyakan orang kalori makanan hariannya sekitar 1200 kalori agar bisa turun 1kg seminggu.

Ok deh ini dia tips agar selalu kenyang saat diet.

1. Diet yang Fleksibel

Seperti pada penjelasan diatas, kunci dari diet berhasil atau tidak adalah defisit kalori. Itu saja.
Kalau kamu mau sukses nurunin berat badan, ya lakukan defisit kalori dengan pengurangan makanan selama paling tidak 3 bulan pertama.

Ingat ya, pengurangan porsi makan, bukan tidak boleh makan jenis makanan tertentu.
Pengaturan porsi adalah menjadi kunci disini.

Saran saya kamu fokus kepada jenis makanan yang bagus untuk diet seperti sayur, buah, ikan, daging, dan minum air putih. Dimana jenis makanan ini mengandung gizi yang tinggi, dan juga punya tingkat kekenyangan yang tinggi juga. Sekitar 60% atau lebih sumber makanan diet kamu harus dating dari makanan alami tersebut.



Namun kamu juga tetap bisa mengkonsumsi makanan kategori ‘cheat meal’ seperti coklat, es krim, kue, martabak, dll. Diet harus memang harus disiplin, tapi bukan berarti tidak bisa fun dan menyenangkan.

40% jumlah makanan kamu atau kurang boleh dating dari jenis camilan, ataupun makanan favorit kamu agar dietnya tidak terlalu mengekang. Selama total kalori harian kamu masih defisit. Lemak di perut, paha, pipi akan tetap terbakar.

Diet yang ketat biasanya hanya bertahan sebentar, paling 1 atau 2 minggu. Dan jangan heran kalau banyak orang yang diet akan gagal kalau mengikuti cara diet yang ketat dan banyak aturan.

2. Lakukan Puasa atau Intermittent Fasting

Ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi penulis yang sudah lebih dari 3 tahun melakukan puasa atau intermittent fasting di pagi hari sampai jam 12 siang. Kamu tetap bisa minum air putih kok saat puasa ini, dan memang sangat disarankan untuk mencegah rasa lapar.



Dengan melakukan puasa, maka biasanya kita bisa makan lebih besar di siang dan malam hari karena jatah kalori makanan dipagi hari kita tunda sampai siang. Teknik ini termasuk cara diet yang fleksibel karena kita tidak perlu harus menghitung kalori makanan, asalkan kita tidak makan berlebihan di siang dan malam hari maka kita ada pada jalan yang benar.

Kelebihan lainnya dari puasa singkat ini adalah kita menstabilkan insulin dan gula darah dalam tubuh yang membuat tubuh kita fokus 100% untuk membakar lemak. Pada saat kadar insulin rendah disitulah pembakaran lemak terjadi. Intinya dari aspek kesehatan pun, puasa banyak manfaatnya.

Kesimpulan:

Agar diet tidak lapar, fokuskan pada pembatasan kalori bukan tidak makan makanan tertentu. Lalu kamu bisa kombinasikan dengan puasa singkat agar kalori makan dipagi hari bisa disimpan untuk siang hari dan malam hari. Kamu juga bisa makan lebih besar dan puas ketimbang harus makan 3 atau 5 kali sehari.

Semoga bermanfat.
Tips Selalu Kenyang Saat Diet Tips Selalu Kenyang Saat Diet Reviewed by Blogger Sumut on 3:52 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.